Sabtu, 17 Maret 2012

TEKNIK DASAR BADMINTON


Teknik Dasar Bulu Tangkis

A. Cara Memegang

1. Pegangan forehand (pegangan dasar)Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
2. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehead.
3. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
4. Pegangan campuran

B. Teknik Pukulan

1. Pukulan Servis, Pukulan servis merupakan pukulan untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal. sebagai permulaan permainan atau krn dpt point
Macam-macam pukulan servis
a. Pukulan servis pendek
b. Pukulan servis panjang
c. Pukulan servis mendatar
d. Pukulan servis cambuk

2. Pukulan Lob Pukulan yang bertujuan untuk menerbangkan kok setinggi tingginya mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.
Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara
a. Overhead lob, yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar